WASPADAI SILENT KILLER PADA DIABETES MELLITUS, ICON HARI KESEHATAN SEDUNIA TAHUN 2016

Pada abad ke-21 ini diperkirakan terjadi peningkatan insiden dan prevalensi Penyakit Tidak Menular (PTM) secara cepat, yang merupakan tantangan utama masalah kesehatan dimasa yang akan datang. WHO memperkirakan pada tahun 2020 PTM akan menyebabkan 73% kematian dan 60% seluruh kesakitan di dunia. Diperkirakan negara yang paling merasakan dampaknya adalah negara berkembang termasuk Indonesia.

Berdasarkan studi epidemiologi terbaru, Indoensia masuk epidemi untuk Diabetes Mellitus tipe 2. Ada 2 faktor penting yang sangat berperan, yaitu pertama, faktor Demografi (jumlah penduduk terus meningkat). Faktor kedua, adalah Gaya Hidup : banyaknya restoran cepat saji (fast food) dan kurangnya olah raga karena sibuk bekerja untuk menutupi kebutuhan ekonomi.

Ditinjau dari beberapa gambaran di atas, nampaklah angka kejadian di atas pada masa yang akan datang sudah harus mulai di waspadai pada saat ini, sehingga tidak menjadi bumerang bagi kita sendiri dan anak cucu kita di masa datang. Untuk itu pada Hari Kesehatan Sedunia tahun 2016 ini, yang dititik beratkan pada pengelolaan penyakit Diabetes Mellitus, mari kita bersama – sama membangun dukungan dan komitmen untuk penanggulangan dan pencegahan PTM agar dapat hidup lebih sehat lagi.